Marc Marquez dan Gresini Racing adalah dua nama besar, yang punya sejarah panjang di panggung MotoGP.
Apalagi pada musim 2024 ini, performa Marc Marquez yang membela tim Gresini Racing menjadi perhatian para penyuka MotoGP.
Penampilan Baby Alien selama 7 putaran musim ini sangat impresif, meski pakai Desmosedici GP23, juara dunia 8 kali itu menunjukkan jam terbangnya yang bisa menyaingi pembalap dari tim pabrikan.
Tapi sayangnya, Gresini Racing akan kehilangan pembalap asal Spanyol. Pasalnya musim depan Marwuez akan bergabung dengan tim pabrikan Ducati Lenovo.
Sebelum Marquez pamit, Italjet sebagai pabrikan motor asal Italia ingin memberikan kenangan khusus.
Salah satunya menyematkan livery Gresini Racing 93 pada matik andalannya, yaitu Dragster.
“Kami selalu memiliki basis penggemar yang sangat setia, tidak hanya dari tim tetapi juga banyak pembalap yang telah mencapai kesuksesan dalam proyek kejuaraan kami,” bilang Carlo Merlini, Marketing Direktur Gresini Racing, dinukil dari Rideapart.
Italjet yang dikenal sebagai sponsor di sejumlah ajang balap, akan mendidakasikan secara khusus rasa bangganya dengan tim satelit Ducati tersebut dengan membuat Dragster edisi Gresini Racing yang akan dijual massal.
“Kami sangat bahagia menjadi tim pertama yang mengizinkan penggemar sebenarnya menjadi sponsor, dan membuat hal ini tersedia secara global,” tutur Carlo.
Sebelum Muncul Versi Gresini Racing, Italjet Dragster Dijual di Indonesia
Italjet Dragster pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 2021, di ajang Indonesia Internarional Motor Show Hybrid.
Tahun berikutnya, PT Utomo International (Utomocorp) secara resmi menjual Italjet Dragster di Indonesia.
Dulu harganya s6Rp147 juta untuk versi standar, dan Rp155 juta untuk limited edition.
Nah Italjet Dragster yang dijual di Indonesia hanya tersedia dengan mesin satu silinder DOHC berpendingin cairan 181cc, dengan diameter silinder 63 mili meter.
Tenaga maksimal yang dapat disemburkan mencapai 17,5 dk di 8.000 rpm, dan torsi 15,5 Nm di 7.750 rpm yang disalurkan melalui transmisi matik CVT trapezoidal belt.
Sementara di pasar global, jenama asal Italia itu menawarkan beberapa mesin untuk matik bergaya brutal tersebut.
Salah satunya 125cc, yang diduga menjadi versi spesial dengan balutan livery Gresini Racing.
Motor matik bergaya underbond itu, memiliki desain agresif dibalut warna hitam doff dan emas magnesium di beberapa bagian bodi.
Rangkanya model tubular seperti naked bike, terintegrasi plat alumunium serta suspensi independen yang dikombinasikan swing arm tunggal.
Agar nyaman, sasis model tubular atau tralis di bagian tengah terdapat sokbreaker dengan kemiringan 90 derajat.
Serupa dengan monoshock belakang yang menempel dengan mesin, dan sasis.
Pada bagian kaki-kakinya, motor matik berotot ini aplikasi pelek depan alloy ukuran 12 inci, dengan dibalut ban berukuran 120/70.
Sedangkan bagian belakang ban belakang 140/60, nempel di pelek berukuran 13 inci.
Sistem keselematan, pengeraman cakram memiliki ukuran piringan 200 mm depan, dan belakang 190 mm. Dikombinasikan dengan kaliper lansiran Brembo, dan teknologi ABS atau anti-lock braking system.