Motul Sniper Manual Tech kini mengandalkan Kawasaki Ninja ZX-25R untuk bertarung di ajang AP250 ARRC Thailand 2024 pekan lalu.
Tentunya, spesifikasi yang diusung Ninja ZX-25R berbeda jauh dengan pacuan pendahulu, yaitu Kawasaki Ninja 250R.
Meski memiliki konfigurasi mesin yang sama, tetapi ZX-25R kini memiliki empat silinder, bukan lagi dua silinder segaris.
Dengan kondisi seperti ini tentunya bobot kosong motor juga menjadi berbeda.
Waktu Seting Mepet
Kawasaki Ninja ZX-25R memiliki bobot kosong 183 kg (ABS) sedangkan Ninja 250R hanya 163 kg, maka ada perbedaan sekitar 20 kg untuk varian standar.
Untuk membuat senjata baru ini lebih kompetitif, tentu butuh waktu lebih banyak untuk seting motor dan penyesuaian gaya balap.
Sayangnya, apa yang disebut di atas tidak dimiliki tim Ibnu Sambodo yang juga owner workshop Manual Tech asal Jogjakarta ini.
“Motor baru sampai sirkuit Rabu Malam (13/3), hanya punya satu hari saja (Kamis, 14/3) untuk seting motor,” ungkap Pak Dhe, sapaan akrab Ibnu Sambodo.
Itu karena hari Jumat sudah mulai sesi latihan bebas pertama untuk para peserta.
Terlambat datangnya motor juga membuat tim tidak bisa ikut test resmi yang dipentas hari Rabu (13/3) layaknya tim lain.
Baca Juga : Hasil Race 2 AP250 ARRC Thailand 2024 – Herjun Atna Firdaus Kumandangkan Indonesia Raya
“Kami sudah kirim motor dari Jogja di tanggal 15 Februari, tetapi pihak jasa pengiriman baru kirim ke Bangkok tanggal 26 Februari dari Jakarta,” aku pria yang juga dijuluki Begawan 4-tak ini.
Dengan waktu sempit tersisa, hari Kamis dimanfaatkan untuk setting suspensi agar sesuai dengan gaya balap serta karakter sirkuit Buriram.
“Suspensi kami pun beli di Thailand, beruntung part yang dibutuhkan tersedia,” jelas Pak Dhe kepada MotoSport.id.
Setting Berjalan
Dengan waktu yang minim, akhirnya dua pembalap Motul Sniper Manual Tech, yaitu Aiki Iyoshi dan Muhammad Diandra Trihardika bisa jalani sesi latihan bebas di hari Jumat.
Sembari jalani sesi latihan, setingan motor terus berkembang menyesuaikan kondisi sirkuit hingga sesi Kualifikasi dan Race.
Baca Juga : Motul 300V Hadir Dengan Formula Baru Sudah Teruji Diberbagai Ajang Balap
Sempat mengalami masalah dan tidak finish di Race 1 yang pentas di hari Sabtu (16/3), namun akhirnya Aiki Iyoshi mampu mempersembahkan podium dua di Race 2 yang pentas Minggu (17/3).
Sementara itu Diandra yang masih dalam proses pembelajaran di kelas AP250, berhasil finish di posisi 17 di Race 2.
Menariknya, pertarungan terlihat kompetitif diantara para pembalap yang memacu merek motor berbeda.