PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi meluncurkan Kawasaki New KLX230 SE dan KLX230 SM (12/6).
Rasa penasaran membuat MotoSport.id menyambangi Jakarta Fair Kemayoran 2024 alias JFK 2024 untuk datangi booth Kawasaki.
Hal ini karena kedua varian yang katanya membawa banyak ubahan dari versi sebelumnya itu, terpajang di tempat pamer di Jakarta Pusat tersebut.
Menjawab Keinginan Konsumen
Maksud hati ingin melihat secara langsung, tetapi ternyata KMI justru memperbolehkan MotoSport.id untuk menjajalnya langsung di tempat Test Ride yang sudah disediakan.
“Selamat mencoba. Ubahan di KLX230 ini merupakan jawaban kami atas keinginan konsumen terhadap varian sebelumnya,” sambut Michael C Tanadhi, Sept Head Sales & Promotion KMI kepada MotoSport.id.
Wah, seperti apa nih jawaban yang diberikan Kawasaki untuk penyuka motor trail dan supermoto Indonesia.
Benar saja! Pertama kali melihat tampilan KLX230 SE dan SM sudah terlihat jelas perbedaan dari versi sebelumnya.
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Itu ketika melihat bagian sisi kanan mesin, terutama bagian header knalpot.
Kini bagian tersebut sudah terpasang sensor yang biasa digunakan di motor-motor injeksi.
Yup, KLX230 2024 kini sudah mengusung sistem bahan bakar injeksi untuk pengabutan bahan bakar dan udara di ruang bakar.
Dengan mengunakan sistem bahan bakar injeksi, tentunya ada beberapa fitur lain yang juga ditawarkan.
Port dan diameter klep in dibuat lebih kecil dari sebelumnya yang 37 mm menjadi 33 mm.
Tujuannya, untuk meningkatkan performa di bagian bawah-tengah atau dengan kata lain demi memanjakan torsi agar makin responsif ketika dipacu di trek off-road atau perkotaan yang sarat kemacetan.
Baca Juga : Selamatkan Motocross Indonesia
Ubahan Subframe Tak Perlu Jinjit
Menjadi menarik, ketika MotoSport.id yang memiliki postur tubuh 178 cm dengan bobot 65 kg duduk di atas KLX230 SM.
Kedua telapak kaki ternyata mampu menopang motor dengan sempurna, tanpa perlu ada yang jinjit di salah satu kaki.
Bahkan lutut masih dibuat menekuk santai, tidak sepenuhnya lurus.
Kondisi ini disebabkan adanya perubahan subframe yang didesain ulang agar lebih menurun di bagian tengah motor.
Hal ini akibat dimensi box filter udara yang dibuat ramping, sehingga memungkinkan posisi subframe lebih rendah dari versi sebelumnya.
Tidak hanya itu saja! Ketika jok diduduki, terasa lebih nyaman dari versi sebelumnya.
Ternyata, busa jok dibuat lebih tebal agar ketika dipakai berkendara lama, bokong tidak mudah pegal.
Dengan kondisi jok yang lebih tebal dari versi sebelumnya, tinggi jok ke tanah ada penurunan 10 mm (dari 885 mm menjadi 875 mm).
Itu artinya untuk sobat yang postur tubuhnya di bawah 170 cm pun, masih bisa loh akali agar tidak perlu jinjit saat kedua kaki menopang motor.
Ya, cukup memainkan tebal busa jok saja agar bisa kedua kaki menopang sempurna.
Oh ya, dengan ubahan subframe ini sekaligus membuat travel sok belakang menjadi lebih jauh lagi dari 223 mm menjadi 250 mm.
Bisa makin dibejek di trek off-road lebih kencang tanpa perlu merasakan mentok nih!
Handling Lebih Asyik
Tak sabar hati mengajak jalan KLX230, ternyata versi 2024 ini asyik untuk dibawa.
Apalagi, ketika paha mengempit tangki dan shroud, terasa lebih ramping dan nyaman ditekan jika harus melakukan pengereman kuat.
Ketika riding, MotoSport.id yang diwakili oleh Eka Budhiansyah ini, pandangan mata tertuju pada panel spidometer.
Ada indikator yang terus berkedip-kedip layaknya mata genit. Ehhh..!!
Ternyata, indikator ini merupakan koneksi untuk Bluetooth loh.
Ya, pacuan bergenre trail ini dilengkapi dengan koneksi wireless yang terhubung dengan aplikasi RIDEOLOG.
Aplikasi ini nantinya akan menampilkan informasi seperti Vehicle Info, Riding Log, Communication dan Maintenance Log.
Sayangnya meskipun beberapa kali memutari area test ride Kawasaki di JFK ini, hati masih belum puas untuk lepas dari KLX230.
Tetapi tenang, MotoSport.id sudah coba ajukan peminjaman unit untuk bisa lakukan test ride lebih jauh.
Untuk jelajah perkotaan dan turing kayaknya asyik nih!
Harga Terbaru (Jabodetabek) :
KLX230 SE : Rp 56,8 juta
KLX230 SM : Rp 56,3 juta
KLX230 SM SE : Rp 58,6 juta
(Foto : Herry Axl)