Tidak lengkap rasanya jika tak menjajal Kawasaki W175L ketika berada di Jakarta Fair Kemayoran 2024, Jakarta Pusat.
Itu karena W175L merupakan salah satu dari tiga varian yang dilaunching PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pada Rabu, 12 Juni 2024.
Ya, pada kesempatan itu KMI meluncurkan Kawasaki KLX230 SE, KLX230 SM dan W175L.
Maka itu setelah menjajal KLX230 SM, tangan masih gatal untuk memelintir grip gas W175L untuk mengetahui ubahan yang ditawarkan.
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Terutama, apakah sensasi berkendara dengan motor bergenre retro ini sama dengan varian terdahulu?
Dengan postur tubuh test rider MotoSport.id yang 178 cm/ 65 kg tentu tidak ada masalah ketika duduk di atas motor, kedua telapak kaki bertumpu sempurna.
Nah, langsung deh kunci kontak diputar ke posisi ON!
Sistem injeksi langsung bekerja dengan menandakan putaran jarum spidometer dan pompa bensin.
Menjadi menarik, kini W175L sudah dilengkapi fitur digital juga loh.
Dan yang terpenting, adanya fitur indikator bahan bakar yang tak ada di varian sebelumnya.
Baca Juga : First Ride Kawasaki KLX230 SM Yang Banyak Upgrade
Tidak hanya indikator bensin, tetapi juga ada penunjuk waktu alias jam serta Trip A/B yang bisa diseting melalui tombol di sisi kiri panel.
Setelah menghidupkan mesin melalui tombol starter, kami pun melaju memutari trek Test Ride yang disediakan.
Posisi Riding Lebih Santai dan Nyaman
Meski tempat terbatas, tetapi ketika berkendara dengan W175L 2024, terasa sangat bedanya.
Gaya berkendara yang sebelumnya badan ‘dipaksa’ untuk condong ke depan, kini badan dibuat lebih nyaman dengan posisi riding yang lebih santai.
Badan dibuat lebih tegak, tidak terlalu ke depan sehingga posisi duduk bisa lebih sedikit ke belakang.
Maaf, di varian W175 sebelumnya posisi riding dibuat ibarat serdadu dalam posisi sigap. Tapi kini, tidak lagi lantaran lebih santai.
Selain karena bentuk tangki berubah, juga karena setang juga dibuat lebih tinggi dari versi sebelumnya.
Ditambah lagi, swingarm W175L 2024 juga dibuat sedikit lebih panjang sehingga wheelbase sedikit lebih panjang.
Meski lebih panjang, W175L ini tetap lincah ketika diajak meliuk-liuk di deretan cone yang tersedia di tempat test ride.
Sistem Pengereman ABS
Sedikit lebih kencang, W175L kembali dipacu untuk mencoba pengereman single channel ABS yang ditawarkan.
Apalagi, ada beberapa sisi di area test ride ini yang permukaan aspalnya diselimuti pasir-pasir halus.
Maka itu, tuas rem depan ditarik spontan di ketika melintasi trek tersebut.
Tak ada gejala slide dari ban depan W175L yang dilengkapi diameter cakram 270 mm atau lebih besar 50 mm dari versi sebelumnya.
Sebagai fitur aman berkendara, tentunya ABS ini menjadi sangat berguna ketika melakukan rem mendadak.
Selain jarak pengereman yang lebih baik atau lebih dekat, juga tidak menimbulkan ban tergelincir.
Oh ya! Kalau melihat harga versi lama dan 2024, ternyata selisihnya hanya Rp 800 ribu loh.
Ya, W175 versi lama Rp 35,1 juta sementara W175L 2024 dilepas Rp 35,9 juta.
Ternyata setelah mencoba W175L di area test ride, timbul penyesalan di hati. Iya, kenapa treknya terbatas.
Itu artinya, MotoSport.id musti pinjam unit test W175L untuk dipakai test ride nih!
Turing atau perkotaan ya? Hmmm…
Harga :
Kawasaki W175L : Rp 35,9 juta
Catatan :
Harga untuk wilayah Jakarta dan estimasi pengiriman Agustus 2024.