Wahyu Aji Trilaksana (Racetech Sixty Racing) ungkap kalau dirinya terbantu salah satu part saat berlaga di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC).
Terutama, ketika melakoni seri ke-4 alias ARRC Indonesia 2024 di sirkuit Mandalika.
Yamaha MX-King pacuannya dilengkapi dengan part khusus racikan Kawahara Racing, yaitu segitiga bawah berbahan aluminium yang terlihat kokoh.
Segitiga Aluminium Kawahara Racing
Sebagai salah satu sponsor tim, Kawahara Racing mencoba memenuhi permintaan Wahyu Aji yang menginginkan segitiga bawah lebih kekar juga stabil.
“Itu karena untuk suspensi depan menggunakan Honda GTR yang membuat wheelbase kendaraan lebih pendek,” aku Wahyu Aji kepada MotoSport.id di paddock sirkuit Mandalika (28/7).
Tujuannya, agar motor menjadi lebih lincah untuk dipakai meliuk-liuk di sirkuit yang memiliki karakter banyak perubahan arah yang cepat.
Sebut saja seperti di Sirkuit Mandalika sejak Tikungan 2 hingga Tikungan 9, motor dipaksa cepat berganti arah namun dengan kecepatan tinggi.
Sayangnya, efek pemakaian sok GTR ini membuat kestabilan pacuan di trek yang berkarakter high speed corner berkurang.
Melibas Tikungan 2 hingga Tikungan 9 dengan kecepatan tinggi, menjadi kurang percaya diri.
Untuk itulah di ARRC Indonesia 2024 kemarin Wahyu menggunakan segitiga bawah yang dirancang khusus berdasarkan hasil riset tim Racetech dan kawahara Racing.
Menggunakan bahan aluminium 6061 T6 yang kuat, namun memiliki sisi elastis lebih baik agar mampu meredam getaran juga entakan.
Agar lebih serasi dengan kelir pacuan, segitiga bawah itupun dilapisi warna hijau anodize yang kinclong.
Baca Juga : Tarung di ARRC Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika Wahyu Aji dan Leon Chandra Bawa Senjata Baru
“Sejak sesi latihan sudah kami coba bandingkan antara pakai Part Kawahara dan tidak. Hasilnya, jauh lebih baik pakai segitga Kawahara Racing,” aku Wahyu Aji yang juara Asia UB150 itu.
“Pakai segitiga bawah Kawahara, menikung jadi lebih stabil dan percaya diri. Ini sesuai dengan hasil yang kami inginkan,” aku suami Wiwi Mungil ini.
Dua Kali Nyaris Podium
Namun sayang, di sesi race, kendala tak terduga muncul dari aspek lain.
“Untuk Race, ada kendala dari gigi rasio. Akibatnya tidak maksimal bertarung di baris depan. Kalau untuk part segitiga tidak ada masalah, sempurna,” jelasnya lagi.
“Semoga di Sepang dan seri tersisa Thailand, hasilnya bisa lebih baik lagi,” tutup pembalap yang juga disupport Police Enjoy dan Djava itu.
Memang, tidak hanya Wahyu Aji, tetapi rekan setimnya, Aditya Fauzi juga nyaris podium di ARRC Indonesia 2024 ini.
Padahal, biasanya Aditya Fauzi selalu menapaki tangga podium di hampir tiap seri ARRC.
“Ketika Race 1, ada masalah di rem belakang. Jadi hanya pakai rem depan. Di Race 2, ban belakang slide di Tikungan terakhir,” sesal Aditya yang raih posisi 4 di dua race itu.
(Photo: Eka/Ajie)