Untuk meningkatkan exitement menonto MotoGP, digagas memasang radio komunikasi pada pembalap MotoGP. Persis pada balapan F1. Penyelenggara balap motor dunia itu yakin, penonton akan makin bergairah mendengar percakapan antara tim manajer dan pembalapnya.
Teknologi komunikasi ini sebenarnya bukan barang baru di MotoGP. Pada 2022, beberapa pembalap telah melakukan uji coba. Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, juga Maverick Vinales.
Sewaktu test di Misano 9 September 2024 beberapa waktu lalu, radio komunikasi ini di uji coba lagi pada beberapa pembalap. Reaksinya beragam dan sepertinya masih cenderung bernada penolakan.
“Rasanya aneh, mendengar orang berbicara saat buka gas penuh di sirkuit,” bilang Quartararo seusai mencoba perangkat komunikasi di helmnya untuk ketiga kalinya sejak 2022. Dia bilang suara mesin yang keras dan ditimpali deru angin yang kencang membuatnya sulit menangkap suara orang.
Baca juga : Kemenparekraf Tak Bayar Hosting Fee MotoGP Indonesia, Takut Sama BPK
Pembalap tim pabrikan Yamaha bilang suara akan terdengar saat kita mengerem dan perlu ada catatan di Sektor berapa orang di pit dilarang bicara karena tak terdengar sama sekali.
Rencananya, sistem komunikasi akan diterapkan secara bertahap. Tahun ini uji coba, tahun depan diterapkan secara satu arah dan 2026 bisa komunikasi 2 arah. Tujuannya agar jika ada hal emergency pelaksana lomba dapat memberi peringatan pada pembalap dan sekaligus mengurangi keterantunagn pada pit board.
Pecco Bagnaia juga merasa terganggu ada suara di dalam hemlmnya. Begitupun Pedro Acosta yang didaulat ikut mencoba sistem ini. Ada tambahan alat meski di luar telinga, akan bahaya jika terjasi insiden.
“Jangan minta pendapat Espargaro pada sistem yang akan diterapkan tahun depan dan depannya lagi, Dia tahun depan kan sudah tidak membalap,” ujar Acosta.
Alih-alih demi safety, jika percakapan di radio membuat buyar konsentrasi pembalap malah bikin masalah baru. Apalagi di awal penerapan ini, komunikasi tim dan pembalap menjadi sajian menarik di tayangan televisi.
Please deh..