Usai balap di Le Mans, Honda dan Yamaha bablas ke Mugello untuk menjalani private test sebagai bagian dari privilege bagi tim-tim MotoGP yang masuk kategori D.
Empat pembalap Honda; Joan Mir dan Luca Marini (Repsol Honda) serta Johann Zarco dan Takaaki Nakagami (LCR Castrol/Idemitsu) juga hadir di sana.
Termasuk test rider Honda, Stefan Bradl yang bakal tampil di GP Catalunya sebagai wild card.
Sepuas-puasnya mereka mencoba banyak hal baru di motornya dan mengujinya untuk menemukan peningkatannya.
Sedangkan Monster Energy Yamaha MotoGP join pula Fabio Quartararo dan Alex Rins juga habis-habisan menggeber motornya untuk mencari setting terbaik.
Test rider Yamaha, Cal Crutchlow juga ikutan. Masukan pada peningkatan performa motor akan sangat berharga bagi tim Yamaha.
Supaya merek dapat mendekati keperkasaan motor-motor Eropa pesaingnya.
Baca: Marc Marquez Tak Jadi Pembalap Pabrikan, tapi Pakai Ducati Baru?
Satu-satunya pabrikan Eropa yang menikmati private test, Aprilia. Di tim ini, Lorenzo Savadori bertugas sebagai test rider dan menguji performa motor pacu Aprilia Racing.
Berikut Peranti Baru di Mugello.
Tuas kopling cerdas milik Aprilia, menggabungkan tuas sebagai penarik kopling dan sekaligus sebagai thumb rear brake.
Di situ dipasangi peranti ganda yang dipandu actuator hidrolik untuk memindah fungsi ari kopling ke rem belakang.
Maverick sudah pakai peranti serupa itu, namun masih manual melalui tuas kecil.
Selepas garis start, Maverick akan memindah tuas kecilnya untuk mengubah fungsi kopling menjadi rem belakang.
KTM memperkenalkan aero covers dan tambahan di sektor roda depan dan area rem cakram.
Bentuk aero keren dan boleh dibilang unik. Fungsi desain itu ditujukan untuk meningkatkan grip ban depan.
Sekaligus ‘menyingkirkan’ debu dan kotoran-kotoran yang mengalir ke fairing di belakangnya.
Tampilan ‘dashboard’ saat mesin dipanaskan. Semua informasi yang dibutuhkan mekanik ada di situ; tekanan oli, angin ban, suhu mesin, dan kinerja semua sensor bisa dipantau cepat.
WP Suspension mengandalkan extension berukuran gambot.
Sudah besar, panjang pula. Peranti ini demikian besar agar mengurangi sensitivitas suspensi terhadap permukaan aspal yang bumpy.
Intinya, kualita meredam aspal tak rata jangan dampai banya mempengaruhi guncangan ke stang dan sasis secara keseluruhan.
Pembalapnya saja mesti hati-hati agar helm tidak mentok ke extention.
Handlebar rumit di sisi kiri Honda dipenuhi banyak peranti dan tombol. Sama meriahnya dengan Aprilia dan beberapa motor lain.
Latihan di Mugello juga dimaksudkan agar pembalap dapat menghafal tombol apa saja berikut semua fungsinya.
Supaya tidak salah pencet yang dapat berakhibat fatal.
Knalpot sexy Yamaha kini lebih mulus. Lebih rapi dan mulus dibanding versi sebelumnya.
Mulai dipakai saat test awal tahun ini. Tapi yang paling baru ini, sambungan las sekarang lebih sedikit dan tekukan knalpot Akrapovic ini lebih mulus.
Spoiler Misterius di atas sepatbor depan KTM mulai cuek dipamerkan di paddock.
Meski pernah sekilasan terlihat di test awal tahun. Tapi khusus untuk Dani Pedrosa spoiler depan ini sudah dipakai saat ikut GP Spanyol sebagai wild card.
[Foto2 : motogp]