Akhirnya Royal Enfield resmi meluncurkan varian terbaru mereka untuk pasar motor Indonesia, Royal Enfield Goan Classic 350.
Bertempat di Dreamville, PIK, Jakarta Utara, motor berkarakter Bobber berkapasitas murni 349 cc ini, bisa menjadi pilihan baru bagi pecinta motor klasik.
Asal Mula Goan Classic 350
Menjadi menarik, untuk nama Goan sendiri diambil dari salah satu daerah wisata terkenal di India.
“Untuk nama, kami mengambil dari Goa. Salah satu pesisir pantai yang terkenal di India dan ramai dikunjungi oleh wisatawan,” ungkap Anindya Dwiasti selaku Regional Marketing Manager Asia Pacific Royal Enfield.
Menjadi menarik, di daerah ini pula tumbuh budaya motor kustom yang akhirnya membuat Royal Enfield memutuskan untuk meluncurkan Goan Classic 350 dengan gaya Bobber.
Itu karena Goa sendiri menjadi sentralnya para hippies, jadi orang-orang barat datang dan menikmati gaya hidup disana.
“Dengan datangnya mereka, ekspresi diri itu tumbuh. Jadi sebagian besar motor Royal Enfield besar di sini,” timpal Anindya, sapaan akrab wanita ramah itu.
Di sana, kustom builder terus menerus membangun Bobber dari Royal Enfield. Meskipun, dari RE sendiri saat itu belum memiliki motor bergenre kustom tersebut.
“Beberapa tahun yang lalu, kita juga membangun kustom klasik yang bentuknya Bobber. Dan ini menanamkan ide untuk kita mulai memproduksi Goan 350 dengan bentukan Bobber secara massal,” jelasnya lagi.
Baca Juga : Royal Enfield Classic 650 Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 200 Jutaan

Tipe Premium Classic
Wanita cantik berkulit putih ini pun menjelaskan kalau Goan 350 ini seolah menjadi seri premium dari Classic 350. Hal ini karena dari beberapa desain dan part, masih similiar.
“Jadi untuk Goan, dia memiliki lebih detail untuk batch-nya, warna dan grafisnya. Jadi, benar-benar tampilan yang luar biasa memukau. Untuk mesin, tetap menggunakan J Series 350 cc,” bilangnya.
Begitunya, terasa berbeda secara tampilan ketika melihat tipe setang yang diaplikasi Goan. Dengan tipe setang mid ape hanger, posisi berkendara dibuat menjadi lebih bergaya.
Meski setang dibuat lebih tinggi, namun tidak dengan tinggi jok dari tanah. Pasalnya, kalau Classic 350 memiliki tinggi jok dari tanah 800 mm (80 cm), maka Goan 350 hanya 760 mm (76 cm). Dengan begitu, pengendara mudah menopang motor ketika dalam keadaan berhenti.
Selain untuk headlamp yang sudah mengusung LED, Goan 350 juga mengaplikasi pelek aluminium dengan tipe ban tubless. Ini memberikan tambahan kesan mewah.
Royal Enfield pun menawarkan empat pilihan warna menarik untuk Goan 350. Trip Teal yang didominasi warna hijau-merah, Purple Haze (ungu), Shack Black (hitam doff) dan Rave Red (merah-hitam).
Untuk harga Royal Enfield Goan Classic 350 dibanderol seharga Rp 127.800.000 untuk tipe Purple Haze dan Shack Black. Sedangkan untuk warna Trip Teal dan Rave Red dijual seharga Rp 129.700.000.
“Harga ini sudah on the road Jakarta,” timpal Arif Fachrudin General Manager PT Nusantara Batavia Internasional selaku main dealer Royal Enfield di Indonesia.
Foto : Eka


