Yamaha NMAX Turbo jadi jagoan baru matik 155cc, yang hari ini Rabu 12 Juli 2024 dikenalkn oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacruring di Double Tree by Hilton Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Seperti kita ketahui bahwa turbo itu berfungsi, untuk memompa udara masuk ke dalam silinder, sehingga asupan gas bakar bisa dibuat lebih banyak.
Ketika Yamaha NMAX Turbo dikenalkan kepada publik, nyatanya motor tersebut masih menggunakan mesin 155cc, dan tidak disematkan turbo.
Menurut Antonius Widiantoro, Asst Genera Manager Marketing – Public Relation PT YIMM mengatakan pada NMAX baru ini menggunakan sistem Yamaha Electric Continuosly Variable Transmission alias YECVT, jadi sistem transmisi itu mengubah CVT konvensional.
Karena yang diperbarui adalah transmisi, sehingga bisa memperngaruhi akselerasi awal.
Berdasarkan tes internal Yamaha, dari titik nol ke 100 meter bisa diraih dalam waktu 7,2 detik, sedangkan Nmax lama waktunya 7,43 detik.
Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat, untuk menempuh jarak 200 meter.
Hal itu jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.
Tak hanya akselerasi di lintasan lurus yang permukaannya datar.
Pengetesan pun dilakukan kondisi jalan menanjak, dengan kemiringan 10 derajat dengan jarak 150 meter.
Nmax Turbo bisa mencapai 11,73 detik, sedangkan Nmax generasi sebelumnya memakan waktu 12,33 detik.
Artinya pada kondisi jalan menanjak 150 meter sudut 10 derajat, Nmax turbo juga bisa lebih cepat dengan jarak 9,9 meter lebih cepat.
Yamaha NMAX Turbo Pakai Turbo?
Ternyata Yamaha NMAX Turbo, tidak mengusung tubocharge namun serasa pakai turbo.
Menariknya istilah Turbo pada Yamaha NMAX baru ini, ada pada dua riding mode.
Antonius menjelaskan, katanya sebutan Turbo pada NMAX baru adalah memiliki dua riding mode.
T-Mode alias Town Commuting, merupakan riding mode yang bisa dipakai untuk harian.
Dan S-Mode alias Sport Touring, mode ini disarankan untuk pemotor yang hobi touring atau penyuka kecepatan.
T-Mode ink khusus untuk pemotor, yang beraktivitas di perkotaan atau aktivitas bekerja.
Sementara S-Mode bagi pemotor, yang membutuhkan akselerasi lebih dan saat perjalanan luar kota.