Franco Morbidelli yang kini balapan bersama Prima Pramac Racing, dulu pernah menjadi pembalap cadangannya Doni Tata di Moto2.
Kini performa Franco Morbidelli di MotoGP sedang tidak dalam kondisi baik, Morbidelli hanya berada di posisi 12 dengan 73 poin.
Padahal karier Morbidelli cukup bagus hingga MotoGP 2020. Ketika itu, ia pernah menjadi runner-up MotoGP 2020 saat membela tim Petronas Yamaha SRT.
Namun, cedera parah yang menimpa sejak 2021, membuat karier Morbidelli perlahan meredup.
Bahkan performa Morbidelli, tak kunjung membaik hingga dianggap tak layak berada di MotoGP.
Pendapat itu dikemukakan oleh Aleix Espargaro, jelang pekan balapan MotoGP Austria 2024, 16-18 Agustus silam.
“Tidak ada yang salah dengan Morbidelli bertahan di MotoGP. Namun, ketika seseorang memiliki motor juara selama bertahun-tahun dan terus dikalahkan rekan setimnya, tidak adil jika tidak memberikan kesempatan ke para pembalap muda,” sindir Espargaro.
Pendapat Espargaro semakin kuat, jika melihat motor yang dugunakan Morbidelli.
Pembalap yang punya nomor start 21 ini, menggeber motor Ducati Desmosedici GP24. Namun, performanya malah angin-anginan.
Wajar jika tak ada tim balap yang berminat pada Morbidelli untuk MotoGP 2025. Kariernya lalu diselamatkan sang mentor, Valentino Rossi!
Ya, Morbidelli resmi membalap untuk tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team pada 2025.
Dia akan bertandem dengan Fabio Di Giannantonio, di tim yang mulai musim depan resmi jadi satelitnya Ducati Corse.
Franco Morbidelli Pernah Jadi Pembalap Cadangan Doni Tata
Franco Morbidelli pertama kali motor dan kejuaraan dunia Moto2, pada seri Misano tahun 2013 bersama tim Gresini Racing.
Uniknya, motor yang dipakai oleh Morbidelli adalah motornya Doni Tata.
Pasalnya, ketika itu Morbidelli hanya menjadi cadangan dari pembalap asal Yogyakarta yang kala itu mengalami cidera.
“Iya itu kejadiannya di Misano, kala itu cidera bahu saya kambuh lagi. Sehingga saya tidak bisa ikut balapan di Misano, nah yang menggantikan saya waktu itu Franco Morbidelli,” beber Doni Tata kepada Motosport.id.
Lebih lanjut Doni Tata menjelaskan bahwa setelah itu, dirinya bertemu kembali dengan Morbidelli di seri Jepang dan Valencia.
Kala itu Morbidelli menggantikan pembalap asal Thailand Thitipong Warokorn, yang kala itu membela tim Thai Honda PTT Gresini Moto2.
“Waktu itu Thitipong cidera, waktu balapan di Australia,” beber Doni.
Ketika Doni Tata tidak balapan di tahun 2014, Morbidelli diberi kesempatan untuk mengikuti balapan sebanyak full seri bersama Italtrans Racing Team dengan menempati posisi 11 dengan berhasil meraih 75 poin.
Morbidelli memulai karirnya di MotoGP pada tahun 2018, setelah setahun sebelumnya pembalap asal Italia ini berhasil meraih juara dunia Moto2 ketika balapan bersama EG 0,0 Marc VDS.