Pertamina Enduro VR46 Racing Team, adalah Team VR46 milik Valentino Rossi yang disponsori oleh salah satu BUMN di Indonesia yakni Pertamina Lubricants.
Jadi VR46 Racing Team ini, gajiannya berasal dari Pertamina yang menjadi sponsor utama tim di MotoGP.
Nah pada musim 2025 mendatang Pertamina Enduro VR46 Racing Team ini, bisa mendapat berkah dari pindahnya Pramac Racing ke Yamaha.
Pasalnya status VR46 Racing Team bisa naik, dari tim satelit biasa menjadi tim satelit utama menggantikan Pramac.
Selain itu karena statusnya menjadi tim satelit utama, sehingga bisa jadi nanti Team VR46 ini dijadikan tim junior.
Sehingga nantinya pembalap muda potensial, gabungnya ke tim satelit utama tersebut, sebelum menuju tim pabrikan.
“Kami masih membahasnya, kemungkinan musim depan kami menggunakan 2 motor, lalu kemudian pada tahun 2027, akan menjadi tim referensi,” ungkap Alessio Salucci, Bos Team VR46, dinukil dari Padock GP.
Keuntungan Pertamina Enduro VR46 Racing Team, jika Menjadi Tim Satelit Utama
Meskipun nantinya diisi oleh pembalap muda, tapi yang jelas urusan teknis akan disupport penuh oleh Ducati.
Seperti spek motor terbaru, yang sama dengan motor pembalap pabrikan.
Jumlah personel kru juga akan ditambah sesuai kebutuhan, dan tentu dengan SDM yang terbaik.
Lalu, gaji pembalap pun akan ditanggung oleh pabrikan asal Italia, dan beberapa keuntungan khusus lainnya.
Formasi Pembalap masih Belum Jelas
Namun Team VR46 ini, kini sedang memikirkan nasib pembalap yang kini membela tim tersebut.
Kini ada Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi yang membela timnya Valentino Rossi, musim depan formasi tersebut sepertinya akan berubah.
Pasalnya Fermin Aldeguer sudah mendapat kontrak Ducati untuk musim depan, kemungkinan besar akan ditempatkan di tim VR46.
Jadi satu kursi akan diberikan kepada Aldeguer, dan tentunya VR46 tak perlu berpikir dua kali untuk mempertahankan Bezzecchi karena ia adalah pembalap akademi.
Tapi sayangnya performa Di Giannantonio musim ini, lebih baik dari Bezzecchi, keduanya masih menggunakan motor Ducati Desmosedici GP23.