Subscribe
motosport
  • Home
  • News
  • Result
  • Modified
  • Figure
  • New Ride
  • Style
  • Shop
No Result
View All Result
  • Home
  • News
  • Result
  • Modified
  • Figure
  • New Ride
  • Style
  • Shop
No Result
View All Result
motosport

Test Tengah Musim Segalanya Dicoba

Yoni Sutoyo Motosport Id by Yoni Sutoyo Motosport Id
May 1, 2025
in MotoGP
306 16
0
Home News MotoGP
1k
SHARES
5.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Test Tengah Musim Segalanya Dicoba

Sehari setelah GP Spanyol, para raja tidak bisa pesta pora merayakan kemenangan. Mereka justru Kembali ke sirkuit untuk mencoba aneka part baru dan menguji settingan baru mulai swingarm hingga aerodinamika sekaligus memastikan apakah item-item baru itu beneran menjadi Solusi. Mari kita  intip 5 pabrikan kontestan MotoGP ini menjalani in-season official test 2025.

Ducati Mencoba Parts Baru Atasi Sektor Depan

Di kubu Ducati mencoba berbagai parts baru dan mendistribusikannya ke seluruh tim. Marc Marquez (Ducati Lenovo Team) keluar masuk paddock mencoba berbagai item baru dengan lengan ayun lama. Tapi yang utama di sisi Marc adalah sektor depan yang menjadi penyebab  utama kecelakaannya pada hari Minggu.

Rekan setimnya,  Francesco Bagnaia menyusul masuk track pukul 10:00. Dia fokus  memperbaiki stabilitas Ducati Desmosedici seperti yang dia rasakan sepanjang balap Jerez. Belum ada pernyataan resmi soal ini. Namun yang pasti Pecco tidak segembira Marc yang bisa mengukir 1’35 pada hari itu, sementara Pecco masih di kisaran 1’37.4 detik.

Bagi tim independen pengguna Ducati juga kebagian tugas. Khusus Franco Morbidelli (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) tidak ikut akibat cidera kecelakaannya di R11 pada Grand Prix hari Minggu. Rekan setimnya Fabio Di Giannantonio ditugaskan menguji komponen baru atas nama Ducati, serta menjajal material baru.

Baca : Morbidelli Tak Ikut Latihan Tengah Musim

Di paddock BK8 Gresini Racing MotoGP, baik pemimpin klasemen Alex Marquez maupun Fermin Aldeguer menyelesaikan latihan dengan fokus pada setting dan beberapa pengaturan elektronik. Tetapi secara umum, mereka berkutat dengan mencari solusi mengapa cengkeraman ban belakang  masih kurang maksimal.

Baca : Ducati Masih Mencari Solusi

 Yamaha Pakai Mesin Baru, Tapi Bukan V4

Dua minggu lalu, test rider Fernandez tampil di Valencia dengan Yamaha V4 di. Tetapi di Jerez, dia tidak bawa mesin V4 namun mesin baru, masih 4 silinder segaris. Hasilnya cukup menggembirakan. Baik Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan rekan setimnya Alex Rins merasa mesin baru itu lebih bertenaga dan lebih menjanjikan.  Pada uji top speed, El Diablo unggul 3 km/jam dibanding Alex Rins.

Hal lain yang diuji adalah soal ergonomi yang disesuaikan postur tubuh pembalap. Posisi kemiringan stang, maju-mudur jok, serta titik footstep. Tiga posisi itu sangat berpengaruh pada kenyamanan rider yang tentu saja mendukung performa selama memacu motor.

Pada sesi sore, catatan waktu Yamaha di posisi 1-2. Namun sebelum mereka semua selesai sekitar pukul 15:30, posisi bergeser ke 3-4. Manajer tim Maio Meregalli mengonfirmasi mesin tersebut telah sepenuhnya siap di Le Mans untuk Putaran 6.  Banyak hal positif yang menyertai tim biru.

Di tim independen, Jack Miller (Prima Pramac Yamaha MotoGP) senang dengan kemajuan mesin baru. Hanya saja dia merasa diuntnugkan karena sirkuit Jerez yang dipakai sepanjang akhir pekan, meninggalkan banyak kompon ban. Yang membuat performance motor bagus.

KTM Mencoba Aero Baru

Uji coba ini penting bagi KTM sebelum balap di sirkuit Le Mans. Tim ini fokus pada  pengembangan KTM RC16 menjadi paket yang lebih kompetitif. Dengan agenda itu, beban tim ini menjadi ‘sederhana’. Pedro Acosta (Red Bull KTM Factory Racing) adalah pembalap pertama yang mengalami kecelakaan hari itu di Tikungan 10. Dia baik-baik saja dan masuk track lagi.

Rekan setimnya Brad Binder menjadi yang teratas di KTM hingga selesai, namun catatan waktunya tidak lebih baik dibanding sesi pagi.

Bagi tim Red Bull KTM Tech 3 berbasis di Prancis,  mereka bersiap untuk bermain di kandang mereka.  Semua mana menuju Maverick Viñales, pembalap Spanyol, yang finis di P4 pada hari Minggu. Dia diagendakan menggunakan beberapa variasi aero baru. Namun tidak sampai tuntas lantaran embusan angin di sirkuit terlalu kencang. Padahal mereka masih memerlukan analisis lebih lanjut untuk memastikan tingkat performa mereka.

Rekan setimnya Enea Bastianini melanjutkan upayanya untuk meningkatkan kemampuan menikung dan membangun perasaannya dengan motor KTM.

Aprilia Konsentrasi Performa Pengereman

Marco Bezzecchi (Aprilia Racing) paling getol mengitari sirkuit. Dia konsentrasi pada perbaikan kualitas pengereman. Agenda itu dirasa krusial oleh Bezecchi karena pada beberapa balap sebelum Jerez, stabilitas motor saat pengereman dinilai kurang mendukung. Dia juga menggunakan aerodinamika baru yang telah diperkenalkan pada akhir pekan dan beberapa komponen baru lainnya, yang terbukti jelas bekerja dengan baik.

Sayangnya, Lorenzo Savadori mengalami masalah teknis di sore hari, sehingga ia hanya mampu menyelesaikan 68 putaran.

Bagi tim Trackhouse MotoGP,  Raul Fernandez telah menyelesaikan 85 laps latihan dan mencatatakan waktunya sebagai terbaik ke-8 pada sore hari. Lumayan bagus. Bagi pendatang baru Ai Ogura, yang menempuh 88 putaran, masuk dalam 11 besar.

Honda Menjajal Lengan Ayun Baru

Bagi Honda pabrikan uji coba ini lebih bertujuan menambah lebih banyak waktu di lintasan untuk terus melangkah ke arah yang benar. Komponen baru lengan ayun baru yang masih perlu penyempurnaan.  Joan Mir (Honda HRC Castrol) dan rekan setimnya Luca Marini mencatat data penting meskipun dari sisi waktu pagi hari, tidak banyak berbeda dibanding sore.

Yang bersinar justru Johann Zarco (CASTROL Honda LCR). Dia sempat di posisi tiga teratas pada sesi pagi. Ia kembali berada di posisi sepuluh teratas pada sesi kedua hari itu. Sementara rekan setimnya Somkiat Chantra (IDEMITSU Honda LCR) masih belum optimal lantaran lengan kanannya masih cidera. Pembalap pemula asal Thailand itu hanya mampu mengitari sirkuit 42 lap.

[foto2: motogp, vr46racingteam]

Share408Tweet255Pin92Scan
Previous Post

OnePrix 2025 Siap Pentas 4 Seri Gandeng Inaspro di Bawah Kemenpora

Next Post

Bisakah Arm Pump Dihindari Tanpa Operasi?

Next Post
Bisakah Arm Pump Dihindari Tanpa Operasi?

Bisakah Arm Pump Dihindari Tanpa Operasi?

Can-Am Pulse dan Origin 2025 Hadir di Indonesia, Usung Mesin Rotax E-Power Segini Harganya

Can-Am Pulse dan Origin 2025 Hadir di Indonesia, Usung Mesin Rotax E-Power Segini Harganya

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

motosport

© 2024 Motosport.id

Navigate Site

  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact

Follow Us

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
No Result
View All Result
  • Home
  • News
  • Result
  • Modified
  • Figure
  • New Ride
  • Style
  • Shop

© 2024 Motosport.id